Kamis, 13 September 2012

ATHEISME DAN AGAMA


Di sebuah kandang Babi terjadi perdebatan serius antara Babi dan Anjing. Mereka berdua sedang memperdebatkan eksistensi ruh dalam diri mereka.

Babi adalah seekor atheist. Buatnya setiap hal harus bisa dijelaskan dan dinalar oleh logika. Tuhan menurut si babi adalah wujud dari alam semesta.Dia meyakini bahwa alam semesta ada lah perwujudan nyata dari Tuhan. Semntara Anjing sebaliknya, sangat mengagungkan agama sebagai satu satunya sumber kebenaran yang mutlak. Dan di kandangnya si babi ingin menggugat cara anjing meyakini agamanya.

"Coba pastikan tanggal berapa dan hari apa Tuhan menciptakan dunia, dan bagaimana caranya.? cetus babi sambil menundukan kepala mencari cari sesuatu.

"Tuhan tidak menciptakan hari, dia juga tidak meemberitahukan kapan waktunya dunia, pengetahuaan kita yg membuatanya untuk mengenal sifat sifatnya yang baik itu " anjing menjawab dengan wajah serius ke tanah menggali gali tanah.

" halah, gak usah bawa bawa baik deh, liat org beragama, mana ada yg baik, mereka cuman berdoa berdoa gak sibuk urusin dirinya sendiri, beramal karena dijanjiin surga terus mengeluh karena hidupnya gak bahagia. , kapan kerjanya. emang Tuhan ngasih makan dia'

"Tuhan yg memberikan kita makan, dia yg mengatur semuanya, memberikan seluruh ciptaannya rejeki yg bisa kita makan

"coba tunjukan gimana caranya dia memberi makan. Kamu saja dari tadinya cuman nggali nggali tanah, emangnya ada makanan di stu? babi semakin limbung, badannya memerah bersungut sungut berputar putar

Si Anjing yang merasa apa yg dicarinya sudah semakin dekat mempercepat penggaliannya. Tangannya terus mencakari tanah dengan cepat sambil berteriak. " Hei Babi apa gunanya kamu mempertanyakan tentang Tuhan, jangan iri dengan kemampuanku mencari makan. Tuhan memberiku makan dan aku bisa merasakaannyaa ketika dia mau datang memberiku makan" menggali lebih cepat lagi.

"hahahahahaha, dasar anjing, bagaimana otakmu bisa cerdas, kamu hanya berpikir dengan tanganmu, hanya meminta dengan mulutmu. Jelaskan coba, bagaiman kamu bisa makan dengan cara beradab?

"diam kamu babi, Tuhan ada di hatiku, caraku mencari makan dan bagaimana keberadabanku urusanku. Kamu babi cuman akan jadi penghuni neraka, karena kamu menggodaku terus. Pantas lah Tuhanku mengharamkan aku memakanmu karena kamu hanya bisa menggerok dengan hidungmu. Bernafas saja sulit buatmu, bagaimana kau bisa menyukuri nikmat Tuhan.

" Dasar ajnjing loe" babi mulai naik tensinya
'Kamu pikir kamu bagus, liat moncongmu yg berliut terus, kau pikir aku gak tau kalau Tuhanmu juga melarang makan eloh......kena ludah loe aja najis gw,,,,,gw gak mau ngomong bahwa loe haram karena gw gak percaya sama Tuhan loe, tapi sekarang gw percaya satu hal bahwa loe emang menjijikkan.

Si anjing tiba tiba terdiam, kukunya menyentuh sesuatu. liurnya lsg menetes dan tangannya menggali lebih cepat. Babipun terpengaruh dengan ikut melongokan kepala ke lubang galian yg dibuat si anjing. Badannya menempek pada si anjing sampai anjing tergeser

"sana kamu, silahkan kamu tulis dengan pengetahuanmu, cara ku mencari makan, tapi jangan ganggu makananku Babi bau"

" Aku cuman mau liat ,tuh lap iler, anjing kok ileran" ejek babi.

Semakin kencang anjing menggali. mendadak dia berhenti. dia berhenti menggali dengan nafas terengah dengan liurnya yang masih terus mengalir membasahi tanah bekas galiannya. Si babi melongok dan langsung tertawa terbahak bahak."

" Dasar anjing emang udah dari sananya tolol dan menjijikan. menggali hanya untuk makan kayu. hahahahaha? " si babi berguling gulingan meertawakan anjing yg ternyata hanya menemukan seonggok kayu.

" Tuhanmu emang lucu, makanya kamu gak boleh masuk surga, ditanya soal dunia malah menggali, yg dipikirin perut akhirnya apa, makan tuh kayuuuuuu"

"Kayu itu dipake buat bikin rumah, buat kandang , buat perabotan, buat tempat makan tulangmu, bukan buat makan ajing, makanya belajar, belajar. hahahahahahahaha tolol tolol.!!"

Si anjing yg sudah kehilangan semangat hanya bersungut sungut sambil menelan liurnya " Babi kau akan tau bahwa Tuhan tidak pernah tidur, saat ini aku gagal, tapi aku tau dia pasti memberiku makan. Dia selalu tau bahwa aku berusaha.Tuhan juga akan membalas hinaanmu padaku babi terkutuk. semoga kau dilaknat di neraka. " kata si anjing menahan emosi.

"Brunoo!!! brunoooom, diamm jangan berisik!!!

Pak mamat masuk kedalam kandang membawa sebuah piring penuh tulang. Dilihatnya bruno sedang menggonggongin babi. dan si babi berputar putar sambil mengerok gerok " ngok ngok ngok grokkkk" suara si babi.

" iya aku tau kamu lapar, tapi gak usah marah marah sama babi, dia kan juga punya tuan yang ngasih makan dia. ayoo pulang, ini makananmu " tukas pak memet.

Si anjinng matanya berbinar menghentikan gonggongannya. Dengan iler yg masih menetes si anjing melangkah mengikuti pak Memet. Sambil melirik ke arah babi.

Si babi melongo, kemudian rebah di tanah. perasaanya kacau. Dia merasakan sebuah fenomena yg belum bisa dipecahkan oleh logikanya. Dia terdiam dan coba memikirkan kejadian yg baru saja berlangsung dihadapannya.Sampai seekor lalat hinggap di hidungnya.

Makanya jangan sok tau, semua tidak selalu bisa dijelaskan, dan semuanya tidak selalu bisa dipikirkan. Jangan melecehkan anjing karena penampilannya, dan kepolosannya. Hatinya bersih dan Tuannya selalu memperhatikan dia meskipun dia ileran. Sama seperti kamu, Tuanmu juga selalu memperhatikan kamu,syukurilah apa yg kamu miliki.
Lagian kalian sesama binatang yg diharamkan Tuhan, jangan saling mengharamkan, bersatulah atas kebinatangan yg beradab. Yang bersatu dengaan tuannya dan seluruh makanannya. Bermusyawarahlah, jangan berantem. Untuk keadilan kita semua. alam semesta.

Ngapain juga kalian binatang membahas Tuhan, biarlah itu jadi urusan tuan tuan kita manusia yg cerdas mandraguna itu.

TAMAN BERMAIN PANCASILA
ERICKA HANDOYO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar