Selasa, 25 September 2012

PANCASILA SPIRITUAL POLITIK ATAU IDEOLOGI POLITIK


Soekarno pernah berkata pada saya. " Tuhan itu Maha Esa".
Saya bilang..."Bohong, buktinya ada yg ngaku tuhan itu Ahwloh, yahwe, gusti, patung, budha, Yesus......trus dia bilang " cari goblok apa persamaannya.
Trus dia bilang lagi " jadilah manusia yg adil dan beradab" yg langsung saya sanggah. " Mana bisa manusia adil, adil hanya punya Tuhan

Sambil melotot mengacungkan tongkatnya dia bilang..."Bego dipiara....galiii!!!"
Trus " Bersatulah Indonesia" sambil ngotot saya bilang. "Bapak ini buta atau gimana, presiden apaan, masa gak tau kalau kita gak mungkin bersatu, tuh liat org marah2 terus mbelain sukunya, belain agamanya, belain ideologi, belain keluarganya sendiri, kekayaannya sendiri, kekuasaanya sendiri. Bersatu? Mimpi??? !
Diambil tongkatnya diketoknya ke kepala saya 
" dasar rakyat tolol...Gali.!!"
Sambil teriak teriak seperti orasi " bermusyawarhlah sesuai dengan cara masyarakat menyelesaikan persoalan, ambil himah dari setiap musyawarah dan jadikan pegangan!"
Saya pikir dia mulai gila, ngelantur kemana mana.
" Pak boss, musyawarah itu kuno, sekarang tuh gaya nya berdebat, berargumen saling sikat, yg jelek buang, yg menang itu jagoannya. Pliss gak usah sok idealis deh. Pak boss ini tau atau pura pura gak tau siy? "
Suaranya melunak " ya org tolol itu ya senengnya berdebat. Galii!"
" Ciptakan keadilan Indonesia, keadilan untuk sesama, dan keadilan utk dunia le....gali cuk galii "
Saya baru mau menyanggah dia udah hilang.....
"Keadilan kok diciptakan, emang saya Tuhan, dasar presiden gendeng" pikirku.

Gali? Emangnya anjing gali gali? Aneh banget siy...
Mulai bego deh aku, mulai deh nggali nggali tanah,mulai deh nggali nggali, " rasanya bukan ini deh maskudnya"
Trus mulai jungkir balik, makin ribet, coba duduk sila , kok makin ribet, nyoba berendem di kamar mandi, makin gak jelas maksudnya, buka buku, buka kitab, nonton tv, wawancara org, baca koran, ngerampok, berzinah dll.....semakin gak ketemu jawabannya.
"MAU NGGALII APA??????"
Teriaku kecengggggggg.....
Mendadak pintu di dobrak , istriku masuk.....mas kamu kok makin aneh siy, kamu ikut ikutan spiritual ya menggali menggali?

Oh Pancasila ternyata gali menggali spiritualitas politi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar