Sabtu, 07 April 2012

Semua Yang ada sebelumnya tidak ada (ghaib)

Setiap kita membaca yang tidak berwujud adalah Ghaib. Setiap dasar penciptaan adalah ghaib. Pedang adalah materi, sebuah karya cipta dari akal dan budi daya manusia. tapi kisah dari terciptanya pedang sampai dikeanang menjadi sebuah sejarah, itu juga karena bagaimana manusia memaknai dan menjelaskannya dalam sebuah lintasan waktu yang terukur .

Beg...itu juga agama. Kemampuan seseorang menterjemahkan nilai yang berkembang dlm masyrakat, dalam tata caranya hidupnya, membuat manusia mengenal sebuah pola tettap yang abadi dan tidak pernah berubah. Pola itu yang kemudian dirumuskan menjadi sesuatu.

Mereka yang menemukannya dalam bahasa Ketuhanan disebut Agama. Mereka yang menemukannya dalam tata cara sosial disebut budaya, atau susunan masyrakatathropologi. Hubungan manusia ke manusia. Yang menemukannya dalam bidang pengetahuan alam disebut Science. Tidakkah kita pahami secara jelas, bahwa pemahaman terhadap pola pola itu sejatinya tidak berbeda. Islam misalnya, mengurai langit dan tata surya, dan ilmuwan mengurainya lebih detai dan teknis. Sosial Anthropologipun sama, mengurainya dalam bahasa interaksi keturunan.

Dan kini terjemahan semuanya sudah mulai terurai penelitian soal , DNA, terbukanya wujud sejarah dengan temuan peninggalan sejarah, zat quantum, molekul nano dll, jelas menunjukkan tidak adalagi yang bisa diperdebatkan. Semuanya adalah bentuk dari sebuah perjalanan. Sama dengan pedang yang hanya dibuat untuk perang, kemudian memiliki tafsir yang beragam. Tapi intinya tetaplah sebuah pedang. Maaf uraian ini tidak bermaksud utk mengguri siapa siapa , tapi hanya untuk melihat segala sesuatu lbh sederhana, bebaskan semua pengetahuan, kita seolah kita baru hidup dan baru dilahirkan dan tidak mengenal apapun di dunia ini. Seolah kita semua adalah ADAM yang sudah kita sama sama sepakati sebagai manusia pertama.

Mari bersama sama kita ciptakan Nusantara yang bersahaja, Ciptakan masyrakat yang beradab, agar tercapai keadilan sosial untuk kita bersama. .....INgat bahwa semua yang ada selalu dimulai dari tidak ada dan akan kembali tiada..Semua yang dibuat dimulai dari diciptakan, maka mari kita mencipta untuk kebersamaan kita yang tidak lebih baik dari apapun dan tidak lebih buruk dari siapapun. .Mari bersatu. MERDEKA!!!!!!!!!!

ERICKA TRI HANDOYO MANGOENPOEROJO
TAMAN BERMAIN PANCASILA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar