Rabu, 26 Juni 2013

PANCASILA

Tidak ada satupun bentuk kehidupan yg tidak berdasar. Setiap gerakan selalu dimulai dari titik tolak pertamanya. Dan mengkur kedalaman dasarnya pada titik terakhirnya. Setiap yg bernyawa selalu lahir dari nyawa dan kehidupan yg sebelumnya. Setiap yg melahirkan merupakan titik pencapaian dati pertumbuhan hidupnya akan dasar dasar yg terbangun dari perjalanan. Perjalanannya mengarungi titik titik persinggahan informasi dalam smemori otaknya dan jiwanya.

Tidak ada yg berdiri sendiri. Semuanya berkaitan membentuk mozaik besar kehidupan. Dan semua yg hidup berada pada sebuah medium besar tempat berpijak. Tanah adalah mediumnya. Dimana semuanya terikat dalam senyawa dunia yg saling berhubungan dan terikat erat.

Ada yg mati maka ada yg lahir. Ada hilang maka ada yg kembali. Ada yg memberi maka ada yg menerima. Sistem jjgad semesta tanah air merupakan satu rantai kehidupan yg tdk cukup terjelaskan oleh hanya sebuah spersepsi sentral.

Setiap titik dari setiap subyek adalah sentral dati subyek lainnya. Dan setiap obyek dati setiap subyek yg hidup tidaklah selalu menjadi obyeknya pribadi. Itulah Ketuhanan Yg maha esa. Yg saling bergerak. Tarik menarik, salaing mendekat dan salin memisahkan dalam sebuah sistem adi kodrati hidup

Dan dasar dari semua dasar adalah hidup. Ujung pencapaian dari seluruh dasar itu adalah kehidupan bersama yg harmonis. Pancasila dasar untuk mengelola hidup pribadi. Mengelola tanah Air. Dan jalan terang keselamatan dunia dan titik pertmuan hidup dan mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar